Wisuda Takhfidz SDIT Kartika

April 15, 2016





Rabu pagi, 13 April 2016, pelataran kantor Kelurahan Kranggan Temanggung dipenuhi puluhan anak berseragam hijau. Wajah-wajah sumringah ditingkah polah yang lincah menghias pagi yang cerah. Sebuah perhelatan besar yang kelak akan menjadi sejarah hidup mereka akan terjadi. Adalah Wisuda Takhfidz Al Quran.

SDIT Kartika adalah sebuah sekolah dasar yang masih sangat belia jika ditilik dari segi umur. Muridnya pun belum mencapai angka ratusan. Namun semangat dan prestasinya tak bisa dianggap remeh. SD yang baru meluluskan siswanya sebanyak delapan kali ini telah pula berhasil meluluskan siswa siswi dengan hapalan Quran minimal satu juz, yaitu juz 'amma.

Ini adalah wisuda takhfidz angkatan ke 8. Ada dua hal istimewa pada wisuda kali ini. 
Pertama, wisuda kali ini ada dua anak yang berhasil menuntaskan 2 juz hafalan, yaitu juz 29 dan 30; yang pada wisuda sebelumnya hanya juz 30 saja.
Kedua, pada wisuda ini ada dua wisudawati yang baru duduk di kelas 3 dan baru berumur 8 tahun. Ini berarti di tahun ini siswa yang diwisuda berusia lebih muda dibanding tahun tahun sebelumnya.
Ada 19 siswa siswi yang diwisuda, meliputi 17 siswa siswi hafal juz 30 dan 2 siswi hafal juz 29.

para wisudawan sedang menghafal Quran

Diungkapkan oleh kepala sekolah, Ibu Ainiyatul Masruroh, bahwa wisuda ini diselenggarakan untuk memberi apresiasi bagi siswa siswi yang telah menuntaskan hafalannya. Selain itu juga untuk memotivasi siswa lain untuk segera menuntaskan dan bisa menyusul untuk diwisuda.

Acara diawali dengan pembacaan hafalan para wisudawan dan wisudawati, dilanjut dengan acara inti wisuda. Acara diisi pula dengan pembacaan hafalan surah oleh siswa siswi kelas 1-4.

Wisuda takhfidz ini tidak hanya membuat bangga mereka yang diwisuda. Namun rasa bangga, bahagia dan haru juga dirasakan oleh para guru, wali wisudawan dan wali murid lainnya, juga seluruh hadirin. Terlebih menyaksikan para siswa yang masih anak-anak telah mampu menghafal surah Al Quran dengan fasih.
Ustad Qoid Surawan sebagai pengajar hafalan di SDIT Kartika mengungkapkan rasa syukur dan harapannya. Beliau berharap para siswa bisa membawa hafalan minimal 2 juz dengan bacaan yang benar dan fasih sesuai tajwid jika lulus SD. Dan bisa menjadi penjaga Quran serta selalu mengaplikasikan Quran di keseharian mereka.

Seorang wali wisudawan, Hj. Anisah Indriati, yang putrinya hafal 2 juz, mengisahkan, "Saya sangat bersyukur atas pencapaian anak saya. Al Quran adalah partner kami dalam membersamai tumbuh kembang anak-anak kami."
Beliau merasakan ada perkembangan positif yang pesat antara hafalan Quran terhadap kemampuan intelegensia anak dan perilaku sehari-hari mereka. Ketiga hal tersebut bejalan seimbang.

bersama segenap ustad ustadzah

Bisa jadi di luar sana banyak anak yang hafalannya lebih banyak dan bagus dibanding anak-anak ini, namun setidaknya mereka dan para asatidz telah berjuang sungguh-sungguh untuk menjaga dan menambah hafalan mereka.

Semoga kelak mereka selalu menjadi penjaga Al Quran. Dan Al Quran menjadi jiwa mereka. 
Dan pastinya mereka telah menjadi pencambuk semangatku untuk menambah hafalanku yang hanya 3 Qul itu. :)

Wassalam.

You Might Also Like

6 komentar

  1. Assalamualaikum. Met pagi, Mbak Dini....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi mba wid.. makasih udah mampir.. :)

      Hapus
  2. Lengkip banget Mbak Din, dan urut, suka bacanya :)

    BalasHapus
  3. sembah nuwun mbakyuu :) mwah..

    BalasHapus
  4. Subhenallah. Senang ya mbak Dini melihat anak-anak sudah bisa hafal Al Qur'an meskipun baru juz 29 dan juz 30 tapi itu sudah hebat sekali. Saya sendiri malu sekali pada mereka karena baru hafal surat-2 pendek beberapa saja :)

    Salam kenal mbak, saya baru sekali ini berkunjung kesini :)

    BalasHapus
  5. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus