Langsung ke konten utama

Wisuda Takhfidz SDIT Kartika





Rabu pagi, 13 April 2016, pelataran kantor Kelurahan Kranggan Temanggung dipenuhi puluhan anak berseragam hijau. Wajah-wajah sumringah ditingkah polah yang lincah menghias pagi yang cerah. Sebuah perhelatan besar yang kelak akan menjadi sejarah hidup mereka akan terjadi. Adalah Wisuda Takhfidz Al Quran.

SDIT Kartika adalah sebuah sekolah dasar yang masih sangat belia jika ditilik dari segi umur. Muridnya pun belum mencapai angka ratusan. Namun semangat dan prestasinya tak bisa dianggap remeh. SD yang baru meluluskan siswanya sebanyak delapan kali ini telah pula berhasil meluluskan siswa siswi dengan hapalan Quran minimal satu juz, yaitu juz 'amma.

Ini adalah wisuda takhfidz angkatan ke 8. Ada dua hal istimewa pada wisuda kali ini. 
Pertama, wisuda kali ini ada dua anak yang berhasil menuntaskan 2 juz hafalan, yaitu juz 29 dan 30; yang pada wisuda sebelumnya hanya juz 30 saja.
Kedua, pada wisuda ini ada dua wisudawati yang baru duduk di kelas 3 dan baru berumur 8 tahun. Ini berarti di tahun ini siswa yang diwisuda berusia lebih muda dibanding tahun tahun sebelumnya.
Ada 19 siswa siswi yang diwisuda, meliputi 17 siswa siswi hafal juz 30 dan 2 siswi hafal juz 29.

para wisudawan sedang menghafal Quran

Diungkapkan oleh kepala sekolah, Ibu Ainiyatul Masruroh, bahwa wisuda ini diselenggarakan untuk memberi apresiasi bagi siswa siswi yang telah menuntaskan hafalannya. Selain itu juga untuk memotivasi siswa lain untuk segera menuntaskan dan bisa menyusul untuk diwisuda.

Acara diawali dengan pembacaan hafalan para wisudawan dan wisudawati, dilanjut dengan acara inti wisuda. Acara diisi pula dengan pembacaan hafalan surah oleh siswa siswi kelas 1-4.

Wisuda takhfidz ini tidak hanya membuat bangga mereka yang diwisuda. Namun rasa bangga, bahagia dan haru juga dirasakan oleh para guru, wali wisudawan dan wali murid lainnya, juga seluruh hadirin. Terlebih menyaksikan para siswa yang masih anak-anak telah mampu menghafal surah Al Quran dengan fasih.
Ustad Qoid Surawan sebagai pengajar hafalan di SDIT Kartika mengungkapkan rasa syukur dan harapannya. Beliau berharap para siswa bisa membawa hafalan minimal 2 juz dengan bacaan yang benar dan fasih sesuai tajwid jika lulus SD. Dan bisa menjadi penjaga Quran serta selalu mengaplikasikan Quran di keseharian mereka.

Seorang wali wisudawan, Hj. Anisah Indriati, yang putrinya hafal 2 juz, mengisahkan, "Saya sangat bersyukur atas pencapaian anak saya. Al Quran adalah partner kami dalam membersamai tumbuh kembang anak-anak kami."
Beliau merasakan ada perkembangan positif yang pesat antara hafalan Quran terhadap kemampuan intelegensia anak dan perilaku sehari-hari mereka. Ketiga hal tersebut bejalan seimbang.

bersama segenap ustad ustadzah

Bisa jadi di luar sana banyak anak yang hafalannya lebih banyak dan bagus dibanding anak-anak ini, namun setidaknya mereka dan para asatidz telah berjuang sungguh-sungguh untuk menjaga dan menambah hafalan mereka.

Semoga kelak mereka selalu menjadi penjaga Al Quran. Dan Al Quran menjadi jiwa mereka. 
Dan pastinya mereka telah menjadi pencambuk semangatku untuk menambah hafalanku yang hanya 3 Qul itu. :)

Wassalam.

Komentar

  1. Assalamualaikum. Met pagi, Mbak Dini....

    BalasHapus
  2. Lengkip banget Mbak Din, dan urut, suka bacanya :)

    BalasHapus
  3. Subhenallah. Senang ya mbak Dini melihat anak-anak sudah bisa hafal Al Qur'an meskipun baru juz 29 dan juz 30 tapi itu sudah hebat sekali. Saya sendiri malu sekali pada mereka karena baru hafal surat-2 pendek beberapa saja :)

    Salam kenal mbak, saya baru sekali ini berkunjung kesini :)

    BalasHapus
  4. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jeprat Jepret Bikin Baper

Selain keluarga, apa yang bisa membuatmu rindu rumah? Kalau aku jawabnya: makanan! Ya, makanan kampung halaman selalu menempati ruang tersendiri di hati. Dan lidah tentunya. Satu hal yang amat aku syukuri adalah aku tidak perlu pergi jauh-jauh pulang kampung jika kangen merasakan kuliner tradisionalnya. Tahu kenapa? Ya kan sekarang aku tinggal di kampung... :) Meski Temanggung adalah kampung halaman suami, tapi sudah seperti tumpah darahku sendiri. Hal lain yang membuatku bahagia adalah letak pasar yang berhadapan dengan rumah. Serasa surga.. hehe.  Tinggal nyebrang dan pilih mana yang disuka. Ini pula yang sering bikin kakak ipar cemburu. Karena dia harus menunggu libur lebaran untuk bisa njajan sepertiku. Dan sepertinya dia akan semakin baper kalau lihat jajan pasar dalam foto-foto berikut. KLEPON Dibuat dari tepung ketan yang diuleni dengan air dan sedikit garam. Dibentuk bola, diisi gula merah lalu direbus. Disajikan dalam baluran kelapa parut. Ada sensasi

Menjadi Penari Topeng Ireng, Sebuah Pengalaman Seru

Menjadi penari topeng ireng adalah hal yang tidak pernah terpikirkan apalagi direncanakan sebelumnya.  Tapi ini terjadi pada saya. :) Teman-teman mungkin ada yang belum tahu apa itu Topeng Ireng. Apakah menari dengan memakai topeng yang berwarna hitam? (ireng berarti hitam dalam bahasa Jawa) Saya dulu pernah menyangka demikian. Tapi ternyata salah besar.

Kulit Lebih Sehat dan Cerah dengan Scarlett Brightly Series Meski Menua Setiap Hari