Langsung ke konten utama

Icip-icip Bakso Jimat Temanggung

Hai...,
Februari masih sering turun hujan aja nih, ya? Ya iyalah, namanya juga masih tetanggaan sama Januari yang hujannya sehari-hari :)

Hujan-hujan enaknya ngapain? makaann!!! (eh, siapa yang teriak paling kenceng tuh?) oh, ternyata suaraku dewe :))
Jadi gitu, deh, kalau lagi ngumpul dan suasana dingin dingin mesrah pasti lebih komplet kalau sambil makan bareng. Ngobrol jadi lebih seru. Apalagi kalau santapan itu cocok sama lidah anak-anak, mereka jadi lebih seru juga ceritanya. 

Kata bapak guruku dulu, kalau kita akan menyampaikan sebuah nasehat ke anak kita, salah satu waktu yang efektif adalah saat mereka merasa kenyang dan santai. Coba anak diajak jajan bakso (kalau dia suka bakso, ya), nah saat dia merasa keenakan dengan baksonya itu kita masukkan pesan yang ingin kita sampaikan. Secara lahir dia mungkin tidak begitu serius menanggapi, tapi otaknya insyaallah menyimpan pesan itu. 

Dan berhubung diriku adalah anggota IIDB (ibu ibu doyan bakso) *lalu digetok teh Indari Mastuti, maka kubujuk anak-anak dan suami  siang kemarin berburu bakso di kota Temanggung tercintah..

Sebetulnya di dekat rumah pun bertaburan kios bakso. Tapi kami ingin mencoba warung bakso milik seorang teman yang menawarkan menu bakso dan mie yang unik. Unik dari nama maupun rasa dan penyajian. Seperti appaaahhh??? cekidot...

selalu penuh sampai luar

Tuu kan,, namanya saja sudah nancep, Mie Mangap-Bakso Jimat. ih, kedengarannya ngeri, ya.. kesannya klenik gimanaa, hehe.. Jangan khawatir... Konon ceritanya, nama 'Jimat' adalah kependekan dari siji mangatus :) yang artinya, satu butir bakso harganya lima ratus rupiah. Sedangkan mie mangap menandakan mie yang sangat pedas sehingga si penyantap sampai mangap mangap saking pedasnya. begitu...

Lokasinya sangat mudah ditemukan. Berada di depan kantor Samsat Temanggung, atau di sebelah barat terminal Temanggung.(eh, barat apa selatan, ya? *bingung) Pokoknya kalau dari arah Secang atau Krangan, begitu masuk kota Temanggung dan nemu perempatan Terminal, belok kiri saja. Langsung ketemu kiosnya.

Nah, setelah parkir, masuk saja ke pintu kios yang sebelah kanan, yang digunakan sebagai dapur. Di depan pintu kita bisa ambil kertas menu di keranjang merah dan pilih pesanan kita.

catet hari dan jam prakteknya yaa..

Menu yang ditawarkan nampak sama seperti umumnya. Bakso kuah, mie kuah dan mie goreng. Tapi ada satu menu unggulan di sini yaitu bakso bakar dengan berbagai tingkat kepedasan.

dipilih dipilih....

 Setelah memilih pesanan, kita tukarkan kertas menu dengan kartu nomor urut. Dah macem antri dokter aja ya, hihi

dapet nomer segini pas udah lewat jam makan siang

Oya, di sini kita bisa pesan mie dalam berbagai ukuran porsi. Dari S, M, L sampai XL. Sebagai gambaran aja, porsi ukuran S kira-kira wadahnya berdiameter 16 cm.

yang XL itu seukuran wajan di rumah :)

Pengunjung siang kemarin sangat banyak. Jadilah kami menunggu pesanan lumayan lama. Anak-anak hampir kehilangan mood. Untung saja sebelum mereka protes menuntut gratisan, pesanan sudah datang.   

bakso bakar level 3
mie mangap level 3 size M

Daaann... benar saja, baru beberapa suapan rasa pedas dan panas sudah merajai seluruh rongga mulut. Gimana enggak, level tiga artinya ada tiga sendok makan sambel yang dicampur ke bumbu mie ini. Dan cabe yang dipakai pun cabe rawit setan yang harganya selangit itu.. hih, ga rugi apa yak?
Cara penyajiannya pun unik, kan? Iya, langsung dimasak dan disajikan dalam wajannya. Hot pan, hihi..

Baidewei, kalau level 3 saja sudah bikin mangap ngap ngap, ada lo bocah yang entah lidahnya terbuat dari apa sehingga dia menjadi pemegang rekor mangap dengan menaklukkan level 62! nah, apa enggak sewajan penuh sambel doang, yak? secara isi 62 sendok sambal, gituh. eduuunnn....

pic: FB Erryn Dyah Pitaloka

Kalau soal harga, saya bilang sih ramah kantong, ya. Bakso bakar per tusuk isi 4 butir hanya Rp 2.000,00 saja. Kan Jimat, siji mangatus... :)
Sedangkan  mie mangapnya antara Rp 7.000,00 sampai Rp 12.500,00. Piye, murah kaan?? 

si adek galau, mie masih banyak eh tapi minum udah habiss... :(

Eh iya, kemarin aku juga sempat dibisikin mbak-e pramusaji, besok-besok kalau mau ke sana supaya tidak terlalu lama nunggu pesanan, bisa pesan via telpon dulu ke 085729355450 sebelum meluncur ke sana. Sip deh mbak...

Jadi gitu, kalau lagi lewat Temanggung jangan ragu mampir ke Bakso Jimat ya.. kalau masih bingung tempatnya dimana dan butuh guide, boleh lah inbox daku... 
Tapi kalau bingung kok hari gini masih jomblo, ya  usaha dong... hehe.. boleh inbox juga ding :) siapa tahu ketemu jodoh di sini.

Yuk, ah... mari mangap. Salam huhah!!










Komentar

  1. Mbak, aku nek neng nggonmu dijak i rene yo :)
    Yummy... bikin laper ough :)

    BalasHapus
  2. ukuran mie nya kayak ukuran baju yah s m l
    keren mbak jadi laper pengen makan bakso

    BalasHapus
  3. Konsep rmh makannya unik. Etapi kl makan ngadep wajan kayak.gimana.itu mbak.hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya anggep aja itu mangkok, dek.. :)) hayuk anak-anak diajak main sini...

      Hapus
  4. Mbak Diin, April nanti aku mau mampir ah ke Bakso Jimat biar bisa mangap-mangap. Traktir akuuh ya mbak Din :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke mbaak.. pokoknya kabar kabari kalau ke Temanggung yaa

      Hapus
  5. Tulisannya buka praktek ya 😂😂
    Itu makan pakai wajan, wih mantep porsinya 😁😁

    BalasHapus
  6. melihat parkiran yang sebegitu padat jadi sangat yakin kalau bakso mangap yang beneran bisa bikin mangap ini disukai oleh berbagai macam kalangan, iya ah kalau kebetulan lewat mau makan bakso mangap ah

    BalasHapus
  7. wah kalau nanti ke temanggung harus kesini nih mbak

    BalasHapus
  8. Kalau pesannya yang XL bisa untuk sekeluarga tuh mbak Dini, tinggal nambah sendok aja :)

    Kalau saya mungkin pilih level 1 aja deh, secara nggak kuat pedes, kalau pedes dikit perut langsung melakukan kudeta eh pemberontakan ding :)

    BalasHapus
  9. Aku udah lewat situ, dan sukses ngakak baca judul warungnya. Membayangkan makan dengan mulut gak nutup2, wkwkwkkk.

    Ntar kalo ke Temanggung, geret mba Dini kesana ah :)

    BalasHapus
  10. aku daftar IIDB dooong...bakso favoritkuuu...ga ada bosen-bosennya sama bakso..

    BalasHapus
  11. Duh ngiler, tp pedes banget yo mba, abis itu nek mules2 gaswat

    BalasHapus
  12. Ngeces aku mba Din. Enak banget ketoke, apalagi disajikan di wajan itu lho greget.
    Bakso bakarnya alamakkk, aku pengen.

    BalasHapus
  13. Murah banget mbak setusuk cuman 2 ribu dna sisnya 4. Kalau diusini dapat satu pentol saja. bahkan sudha mernagkak naik hargnya.

    jadi pingin mie pedes diaksih pentol

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jeprat Jepret Bikin Baper

Selain keluarga, apa yang bisa membuatmu rindu rumah? Kalau aku jawabnya: makanan! Ya, makanan kampung halaman selalu menempati ruang tersendiri di hati. Dan lidah tentunya. Satu hal yang amat aku syukuri adalah aku tidak perlu pergi jauh-jauh pulang kampung jika kangen merasakan kuliner tradisionalnya. Tahu kenapa? Ya kan sekarang aku tinggal di kampung... :) Meski Temanggung adalah kampung halaman suami, tapi sudah seperti tumpah darahku sendiri. Hal lain yang membuatku bahagia adalah letak pasar yang berhadapan dengan rumah. Serasa surga.. hehe.  Tinggal nyebrang dan pilih mana yang disuka. Ini pula yang sering bikin kakak ipar cemburu. Karena dia harus menunggu libur lebaran untuk bisa njajan sepertiku. Dan sepertinya dia akan semakin baper kalau lihat jajan pasar dalam foto-foto berikut. KLEPON Dibuat dari tepung ketan yang diuleni dengan air dan sedikit garam. Dibentuk bola, diisi gula merah lalu direbus. Disajikan dalam baluran kelapa parut. Ada sensasi

Menjadi Penari Topeng Ireng, Sebuah Pengalaman Seru

Menjadi penari topeng ireng adalah hal yang tidak pernah terpikirkan apalagi direncanakan sebelumnya.  Tapi ini terjadi pada saya. :) Teman-teman mungkin ada yang belum tahu apa itu Topeng Ireng. Apakah menari dengan memakai topeng yang berwarna hitam? (ireng berarti hitam dalam bahasa Jawa) Saya dulu pernah menyangka demikian. Tapi ternyata salah besar.

Kulit Lebih Sehat dan Cerah dengan Scarlett Brightly Series Meski Menua Setiap Hari