Most Wanted di Meja Makan saat Ramadhan

Mei 26, 2017

Alhamdulillah bertemu lagi dengan Ramadhan bulan mulia. Bulan penuh keberkahan dan ampunan. Semoga ibadah puasa kita lebih semangat ya, di Ramadhan ini.

Beberapa hari lalu di grup blogger embak emak kece dari Semarang dirandom kocokan #arisanbloggandjelrel putaran kedua. Dan yang keluar namanya adalah Mbak Hidayah Sulistyowati atau sering dipanggil mbak Wati, seorang ibu dua putra yang sudah remaja. Mbak Wati termasuk blogger senior yang tetap rendah hati dan berpikiran terbuka, juga teman ngobrol yang asyik. Blog mbak Wati isinya macam-macam, tapi yang paling aku suka kalau baca tulisan mbak Wati tentang kuliner dan jalan-jalannya.
Nama kedua yang keluar adalah Ika Hardiyan Aksari, ibu satu balita yang bernama Kak Ghifa, seorang guru honorer yang sabar dan selalu semangat mendidik muridnya dengan cinta. Meski dari segi umur dia jauh di bawahku, namun aku banyak belajar tentang kesabaran dan ketulusan dari membaca blognya.
Pada arisan kali ini duo emak kece itu melempar tema yang pas dengan bulan ini, yaitu masakan favorit di saat Ramadhan.
Jika ditanya apa masakan favorit di keluarga saat Ramadhan? Jujur saja aku bingung untuk menjawab seketika. Karena kami sekeluarga doyan masakan apa saja. Asal sudah tersedia di  depan hidung ya sudah, lahap saja. hehe

Tapi memang, dari semua jenis makanan dan minuman, ada beberapa menu yang sering nangkring di atas meja makan warisan eyang uti. Dan berikut ini salah beberapanya :

ES BLEWAH
sumber: wikipedia
Di pasar tradisional di kecamatanku sini, blewah hanya ada di bulan Ramadhan saja. Entah kemana perginya blewah di bulan-bulan lainnya :)
Membuat es blewah ini sangat mudah dan sederhana. Cukup kerok daging buahnya, masukkan ke gelas, ditambah sirup dan es batu. Bisa juga ditambah nata de coco atau kolang-kaling yang sudah direbus dengan air gula. slrruuupp.... segarnya...
Meski sederhana, namun kandungan zat di dalam blewah ini ternyata banyak manfaatnya, lho. Menurut  yang aku baca di wikipedia, buah berkulit tipis ini kaya kandungan mineral kalium, provitamin A, serat dan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi ginjal dan limpa, menurunkan tekanan darah tinggi dan menyembuhkan seriawan. Nah, pas banget kan kalau dikonsumsi saat berbuka puasa.

LOTEK
foto milik: Devi adikku :)
Mirip pecel, hanya bedanya adalah bumbu atau saus kacang lotek dibuat mendadak saat akan disajikan. Sehingga tingkat kepedasan bisa disesuaikan.
Membuat bumbu lotek ini sangat mudah. Cabe, bawang putih, garam, terasi, kencur, daun jeruk purut atau kulitnya sedikit aja dan kacang tanah goreng dihaluskan. Ditambah gula jawa secukupnya, lalu disiram sedikit air asam jawa untuk melarutkan bumbu halus. Setelah itu masukkan sayuran yang sudah direbus, ditambah irisan kol mentah dan timun, lalu dicampur hingga bumbu merata. Sajikan dengan kerupuk. Kalau anakku minta ditambah irisan bakwan atau mendoan.
Kadang aku bikin lotek sendiri kalau tidak malas. Tapi sejak Mak Tin, tetangga sebelah rumah yang buka warung makan, memberi menu tambahan yaitu lotek di bulan puasa, jadilah aku pelanggan setianya. (bilang aja males masak, heheu)
Anak keduaku yang tidak begitu suka makan sayur pun jadi suka sayur jika berbentuk lotek ini. Mungkin karena bumbunya yang sedap itu bikin selera makan meningkat ya.
Selain itu lotek juga masuk kategori makanan sehat. Semua komposisi selain kacang goreng adalah sayur rebus dan bahan mentah. Non msg pula. Jadiii, lotek ini menempati rangking tinggi di daftar menu kami :)

Sedangkan untuk menu sahur biasanya aku pilih yang simpel saja. Bikin sayur yang bisa dihangatkan untuk makan sahur, atau sedia frozen food yang tinggal goreng dan sajikan. Tak kalah penting untuk selalu ada adalah

BUAH
sumber: pixabay
ini harus ada untuk cemilan. Gak harus buah yang mahal sih, seadanya aja di pasar terdekat. Malah kadang kita petik buah murbei depan rumah :)

Jadi seperti yang aku bilang di atas, kami adalah pemakan segala, dan bagi kami gak ada makanan yang gak enak. Yang ada semua makanan itu enak dan enak banget. Apalagi makannya bareng dengan keluarga tercinta.  Pasti nikmat :) Dan penting untuk selalu kami ingat adalah puasa itu saatnya menahan hawa nafsu termasuk keinginan makan ini itu.
Baiklah, semoga cerita  menu sederhana keluarga kami ini bisa memberi manfaat bagi teman semua, ya. Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga ibadah kita diterima. Amin.

Apa menu berbuka dan sahur kalian hari ini?

You Might Also Like

40 komentar

  1. Lotek.. Enaaaak.. Udah lama nggak makan ini :)

    BalasHapus
  2. haduuh Lotek, ini yang bikin aku inget Ibuku. Dulu setiap Ramadan, Ibu pasti jualan lotek dan kawan2nya di rumah dan laris banget. Huhuu...jadi kangen Ibuk :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh, maaf ya mbak Ik, bikin sedih... :(

      Hapus
  3. Iya ya, blewah di sini juga musiman, Mbak. Tadi pas di pasar aku juga lihat ada blewah. Tapi sebutirnya masih mahal, Mbak. Jadi, mending beli buah yang lain. Hihi.

    Makasih ya, Mbak, sudah meramaikan arisan blog yang kedua ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dapet ni seglundung kecil harga 6ribu pas ga boleh ditawar. tetep beli.. ga tau deh murah apa mahal tu, hehe

      Hapus
  4. mba.. mba.. aku belum pernah loh ngerasain buah blewah.. lotek juga belum pernah, di Banjarmasin ga ada yang jual lotek, tiap ada di tv yg review makanan lotek, aku ngiler bangettt... kayaknya enak banget ya mba T.T aku cuma menatap dari layar tv aja.. ga bisa makan lotek..huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin sendiri aja, gampang kok, enak seger deh.. makasih ya udah mampir blog ku :)

      Hapus
  5. lotek? belum pernah makan lotek pas puasa

    BalasHapus
  6. loteknya bikin jadi punya ide buat masaknya nih...dimakan pas sahur2 enak kek nya y mbak din.

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak juga buat sahur, anggep aja salad sayur ala wong jowo :))

      Hapus
  7. Es blewah ini aku banget, sama lotek. Pokoknya buah dan sayur ki aku cintahhh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss... cintah kamuh jugah mbaakh...

      Hapus
  8. Balasan
    1. iya mbak, ga usah pakai nasi juga udah kenyang :)

      Hapus
  9. Lotek itu favorittt banget mbak tp sayang di smrg g ad yg jual
    Adanya pecel. Hiks.
    Kl pulkam ambarawa selalu pesan lotek tetangga yg jualan. Seger n pengen nambahh hihi

    BalasHapus
  10. Aku tetep buah nomer satu baik saat buka atau sahur, Mbak. Kalau makanan lain emang memilih untuk menghindari daging-dagingan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, rasanya garing kalo ga ada buah tu..

      Hapus
  11. Waktu kecil, dkmpungku lotek = rujak buah.
    Setelah besar keluar kampung ,lah lotek kok janganan (pecel) 😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pertama tinggal di semarang, ada tuh bakul lotek. kupikir sama saja to, aku bilang beli lotek, loh kok dikasihnya rujak. terus aku jelasin lotek versiku. baru si ibu bilang, "oalaaahh... kuwi pecel yo mbaak..."
      hueheee

      Hapus
  12. bahkan blewah pun tahu ini bulan puasa ya mbak, hihihi... iya tuh ke mana aja ya si blewahkalo ga ramadan?

    lotek?? waduhh... jadi kangen lotek yang di jogja.pake bakwan gitu, manis-manis pedes. maklumlah, rasa jogja selalu manis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lotek gejayan yo mbak? apa yg deket rel sepur?

      Hapus
  13. Duh blewah...belum nemu nih dr kemarin cari blewah..kan seger banget buat buka puasa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kan blewah bertaburan ya kalo puasa gini. semoga segera bertemu deh. hihi

      Hapus
  14. Kalau di sunda lotek itu pecel mbak din, nah favoritku lotek bikinan mamah ama buah tentunya 😊

    BalasHapus
  15. Buah jiga jd menu wajibku mbak. Tennag deh kalo ada buah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh, kl kurang buah tu galau bawaannya

      Hapus
  16. Ngiler sama loteknya mb din hm..

    BalasHapus
  17. Loteknya bikin mupeng, mbak. Aku juga heran, di luar puasa blewahnya dolan kemana ya, kudu diselidiki ini :D

    BalasHapus
  18. Kalau es blewah itu usun-usuman bukan mbak Dan? Tapi emang seringnya pas bulan puasa selalu ada blewah ya mbak?

    Iya es blewah sangat segar dan buatnya gampang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya mbak Din, bukan mbak Dan :))

      Hapus
  19. whoaaaaa suegereee reeek

    BalasHapus
  20. halo dini, wah kalo aku most wanted di meja makan terutama saat buka puasa adalah lontong isi sayur/arem2 sambel kacang, dan es sirup, Wiiihhh jadi pengen cepet2 adzan magrib deh

    BalasHapus