Langsung ke konten utama

Traveling Impian di Destinasi Wisata Dekat Rumah

Hai, bagaimana kabar hari ini? Semoga semuanya sehat dan hepi, ya.
Eiya, hari hari di tahun 2020 sudah masuk bulan Maret, aja, nih. Sudah piknik ke mana saja? Haha, pertanyaan nekat ya. Baru saja minyik minyik masuk tahun baru saatnya semangat kerja gas pol sudah nanya aja piknik ke mana.

Etapi jangan salah, ini juga pertanyaan penyemangat loh. Ya kan siapa tahu melakukan perjalanan wisata sembari kerja. Atau kerja sambil travelling. Atau memang sekarang lagi kejar tayang kerja keras bagai quda supaya terkumpul sejumlah cuan sehingga ketika tiba waktu liburan bisa puas puasin pikniknya. Yekan? Tambah asik kalau pikniknya ditemani orang-orang tersayang.

Sama sih, saya pun begitu. Melakukan sebuah perjalanan ke destinasi wisata bersama keluarga pun jadi satu hal yang kami idam-idamkan. Traveling impian pun tidak harus ke tempat yang jauh. Karena salah satu impian kami adalah bisa melakukan perjalanan bersama, itu saja. Sebuah peristiwa yang mulai langka seiring anak-anak beranjak remaja. Apalagi ketiganya sekarang sudah di luar kota semua. Huhuu. 



Nah sambil menanti sekitar tiga bulan lagi di mana kira-kira anak anak bisa libur bersama, saya dan sulung sudah merencanakan liburan yang murah meriah namun semoga berkualitas. Tentunya masih di wilayah Temanggung negeri gunung yang dinginnya tak tanggung tanggung ini.

Si Sulung Utit anaknya suka kegiatan outdoor dan jelajah alam. Sejak masih sekolah di MTs dia sudah memulai perjalanan pertamanya naik Gunung Sindoro. Tapi lain dengan Dio yang lebih suka di rumah dan ngulik sesuatu, atau keluar untuk hunting foto. Sementara si Bungsu Opik sih fleksibel anaknya. 

Jadi untuk mengakomodasi supaya minat dan hobi semuanya, kami berencana untuk berkemah saja di Taman Posong, sebuah tempat wisata asik salah satu andalan Temanggung. See, tetap di sini sini saja kan? Tapi jangan salah, kita lihat dulu apa yang bisa kita rasakan dan saksikan nanti di sana.

Posong ada di Desa Tlahab, Kledung, Temanggung. Dari rumah kami biasanya butuh waktu tempuh 30-40 menitan hingga ke lokasi. Harga  tiket masuk ke lokasi hanya sepuluh ribu rupiah. Namun, jika kita ingin menginap di tenda tenda dengan fasilitas lengkap, perlu merogoh koceh tujuh ratus ribu rupiah untuk satu tenda yangbisa diisi 6-7 orang.

Saya pernah dua kali menginap di sana bersama teman-teman pegiat wisata di Temanggung. Awalnya sempat ragu karena suhu yang amat dingin. Namun, ketika bergelung di dalam sleeping bag beralas kasur busa tebal dan kruntelan di dalam tenda, ternyata dingin itu sirna dan hanya ada hangat terasa.

Tentunya malam harinya sangat sayang kalau dilewatkan begitu saja. Waktu itu pihak pengelola menyiapkan api unggun serta jagung dan singkong untuk dibakar. Waw, asik deh. Ditimpal petikan gitar dan berdendang bersama walau sumbang namun sangat nikmat. Hihi.

Jika rencana kami tiga bulan mendatang kesampaian, tentunya itu saat memasuki musim kemarau. Saat yang indah untuk berkemping, walau dingin pasti lebih dingin. Jika beruntung maka kita bisa menyaksikan indahnya matahari terbit di ufuk timur dengan cahayanya yang memburai awan. Bagi pecinta fotografi bisa mengeksplor eksotisme keindahan alam Posong.

foto: pengelola Taman Posong

Area taman Posong dilengkapi dengan ruang pertemuan yang bisa digunakan untuk berbagai acara. Juga ada beberapa titik area kemah. Dengan harga paket itu kita bisa mendapatkan fasilitas tenda berisi kasur, bantal, sleeping bag, penerangan dan free tiket masuk. Sedangkan untuk harga full service  (Rp 1.200.000,00) mendapat tambahan fasilitas makan malam dan sarapan. 

Fiuh, membayangkan asiknya berkemah di sana bikin ga sabar menunggu anak anak libur dan ngumpul, deh. Yuk Teman, liburan depan gabung berkemah bareng kami di Taman Posong. Atau kalian sudah punya destinasi wisata traveling impian sendiri? Cerita dong di kolom komentar. 

Komentar

  1. Beberapa destinasi di Temanggung sudah pernah aku kunjungi walau cuma sedikit. Pengennya jelajah sekitaran sana lagi ahahhahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ke sini lagi. jelajah yang belum pernah kamu kunjungi, yuk.

      Hapus
  2. Saya sudah beberapa kali ke Posong. Saya pengen banget naik gunung Prau

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga diajak anak mendaki Prau nih. tapi kaut gak ya? hihi

      Hapus
  3. Impianku masih ke Korea hahaha. Asik nih camping. Mending pas musim kemarau aja ya mbak? Ato tetep aman walaupun musim hujan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Musim hujan sih aman aja, Lu. Tapi lebih asik kalau pas kemarau, gak deg degan basah. hihi

      Hapus
  4. Temanggung sekarang banyak destinasi wisata yang udah makin bagus dan keren aja ya Mba Din.

    BalasHapus
  5. Aku pengen main ke Taman Posong. Kemarin lihat foto temenku kok cakep bener tempatnya. Duh, Temanggung memanggil nih.

    BalasHapus
  6. Eh beneran itu cukup untuk 6 orang ya mbak?
    Yuk mau dong ikutan, ntar aku woro-woro juga sama adik ipar. Mereka suka banget kegiatan outdoor kayak nginap di tenda gini.

    BalasHapus
  7. Wah Posong ya..aku sering mendengarnya tapi blm pernah merasakan langsung keindahannya. Yg pernah tuh ke daerah Kledung itu..

    BalasHapus
  8. Hai kakak kls...aku pernah sekl k Kledung.. pemandangan nya mmg bgs bgt

    BalasHapus
  9. Karena salah satu impian kami adalah bisa melakukan perjalanan bersama.

    Aww that words hit me so much. Aku setuju banget, kebersamaan itu mahal harganya.

    Posong itu emang pemandangannya bagus banget sih mba, cocok juga buat family holiday. 😁

    BalasHapus
  10. Sekali ke Temanggung aku jadi ingin balik lagi, kayaknya seru nih kemah di Posong...noted dulu deh...nunggu si bayik gedean dikit aku mau ajak kemah

    BalasHapus
  11. jadi pengen ke Temanggung mba, seru bnget kayaknya bs kemah sekeluarga di area pegunungan

    BalasHapus
  12. Pengen banget explore Temanggung belum kesampean. Ada posong sama embung kledung yg aku pengen banget datengin mbak

    BalasHapus
  13. Kayak pernah denger nih posong. Next dicoba deh deket sama semarang.

    BalasHapus
  14. Aku belum pernah eksplorasi Temanggung Mbak Dini, mau dong main ke rumahmu, anak-anak udah sekolah luar kota semua yaaa..kemarin ngga sempat rumpi huhu..

    BalasHapus
  15. Boleh juga nih dicoba kemah rame-rame di Posong. Anak lanangku udah pernah nanya klo kemah tuh kayak apa. Mesakke yo, pakne mbokne mbiyen kemah terus malah anake ra dijak kemah ki piyeee... :))

    BalasHapus
  16. Iyaa yaa piknik yang deket2 dulu ajaa sambil nabung buat piknik lebih jauh besok2nya. Seru banget klo misal GRes kemah bareng yaa bawa bocah2.

    BalasHapus
  17. wista piknik emang ga harus jauh hjauh ya mbak, kalo di rumah aja banyak yang bagus

    BalasHapus
  18. Setiap mudik ke ke Wonosobo aku lewat daerah itu. Asyik ya, ternyata. Boleh juga nih lain kali dicoba. Makasih ya

    BalasHapus
  19. Mba Dini aku posong belum pernah juga
    ajak dong ke sana wkkwkw bikin famtrip wkakaak

    BalasHapus
  20. Kalau mudik, aku selalu ngelewatin Temanggung tapi belum pernah mampir ke obyek wisatanya..semoga nanti kesampaian juga mampir ke Posong..

    BalasHapus
  21. Wah, temanggung ada tempat asik ya ternyata. Semoga pan kapan bisa main sana ah.

    BalasHapus
  22. Dengan harga 750rb itu dapat fasilitas apa saja mbak? Masukin ke list aah. Anak-anakku suka diajak camping. Sementara baru pernah ke Mawar Camp saja, wkwk. Kapan-kapan bisa nih ke Posong.

    BalasHapus
  23. Masha Allah keren juga ternyata, jadi penasaran deh ini ^^ bias masuk ke Wishlist dan ngajak Oko liburan ke sana :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Icip-icip Bakso Jimat Temanggung

Hai..., Februari masih sering turun hujan aja nih, ya? Ya iyalah, namanya juga masih tetanggaan sama Januari yang hujannya sehari-hari :)
Hujan-hujan enaknya ngapain? makaann!!! (eh, siapa yang teriak paling kenceng tuh?) oh, ternyata suaraku dewe :)) Jadi gitu, deh, kalau lagi ngumpul dan suasana dingin dingin mesrah pasti lebih komplet kalau sambil makan bareng. Ngobrol jadi lebih seru. Apalagi kalau santapan itu cocok sama lidah anak-anak, mereka jadi lebih seru juga ceritanya. 
Kata bapak guruku dulu, kalau kita akan menyampaikan sebuah nasehat ke anak kita, salah satu waktu yang efektif adalah saat mereka merasa kenyang dan santai. Coba anak diajak jajan bakso (kalau dia suka bakso, ya), nah saat dia merasa keenakan dengan baksonya itu kita masukkan pesan yang ingin kita sampaikan. Secara lahir dia mungkin tidak begitu serius menanggapi, tapi otaknya insyaallah menyimpan pesan itu. 
Dan berhubung diriku adalah anggota IIDB (ibu ibu doyan bakso) *lalu digetok teh Indari Mastuti, maka k…

ABATA, Pesantren Tuna Rungu Gratis di Temanggung

Di antara riuh deras hujan yang mengguyur Temanggung menjelang petang, ada sebuah dunia sunyi di salah satu sudut kotanya. Dunia tanpa suara yang tersembunyi dalam sebuah rumah kontrakan sederhana. Meski sunyi, namun tak membuat hati anak anak itu lantas sepi. Lantunan zikir terlahir dari mulut mulut mungil. Meski dalam pengucapan yang kurang jelas, tapi mereka tak pernah lelah.

Menjadi Penari Topeng Ireng, Sebuah Pengalaman Seru

Menjadi penari topeng ireng adalah hal yang tidak pernah terpikirkan apalagi direncanakan sebelumnya.  Tapi ini terjadi pada saya. :)
Teman-teman mungkin ada yang belum tahu apa itu Topeng Ireng. Apakah menari dengan memakai topeng yang berwarna hitam? (ireng berarti hitam dalam bahasa Jawa) Saya dulu pernah menyangka demikian. Tapi ternyata salah besar.