Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari April, 2020

Verbal Bullying Kadang Terjadi dari Orang Terdekat

Pernah gak sih lihat ibu-ibu sedang menggendong atau mengasuh anaknya sendiri lalu datang ibu lain yang ikut menimang anak tersebut, eh malah ibu si anak bilang ke ibu yang baru datang, "nakal ini Bude, minta gendong terus."
Atau kalimat lain yang ditujukan langsung ke anaknya, "Kamu itu motong bawang gini aja gak bisa." Atau "Udah jangan makan terus, nanti kaya gentong badanmu." Dan banyak kalimat lain yang dilontarkan oleh orang tua ke anaknya sendiri. 
Kalimat-kalimat bernada negatif tersebut jika terus menerus didengar anak tentu akan menimbulkan efek yang negatif pula. Anak akan memiliki rasa percaya diri yang rendah, tidak punya penghargaan terhadap dirinya sendiri, tidak tahu cara membela diri sendiri, dia akan rentan menjadi korban bullying, atau malah bisa-bisa ketika dia mulai besar akan tidak peduli pada diri dan sesamanya hingga menjadi pelaku bullying juga.
Ingatan manusia terhadap peristiwa yang ekstrim di hidupnya akan melekat meski perist…

Membunuh Bosan Saat Belajar di Rumah

Saya hampir lupa ini sudah hari ke berapa anak-anak belajar di rumah. Kira kira sudah sebulan lebih lah, ya. Kondisi ini memang gak ada yang mengira sebelumnya. Tiba-tiba anak-anak menjadi 'homeschooler', hehe.
Utit menjalani kuliah online dari rumah. Opik yang di pondok juga belajar dan menyelesaikan tugas-tugasnya di rumah. Senang aja sih anak-anak bisa kumpul dan tetap berkegiatan. Tapi ya jadi banyak konsekuensi yang orang tua juga harus ikuti.
Oya, kalau Dio yang emang bener-bener anak homeschooling malah sekarang lagi gak di rumah. Dia sekarang udah ada kerjaan di Bandung dan gak memungkinkan untuk pulang dalam kondisi ini.
Ngomongin belajarnya anak-anak dan serba-serbinya di rumah nih seru banget. Pada dua pekan pertama dulu sering dengar dari sesama ibu yang sudah mulai stres menemani anaknya belajar. Saya sih gak memungkiri rasa stres itu pasti ada, terutama bagi yang anaknya masih kecil-kecil dan tugas anak sekarang macem-macem, masih ditambah banyak pekerjaan rumah…

Kenali Diri Dengan 4E Untuk Menemukan Hobi yang Menyenangkan dan Menghasilkan

Hai, masih tetap semangat ya semua. Gak terasa udah mulai masuk pekan ketiga himbauan WFH dan SFH, ya. Semoga semua urusan teman-teman tetap lancar dan dimudahkan. 
Ehm, bagi sebagian kita mungkin tidak masalah, ya, melakukan pekerjaan dari rumah. Meski demikian tentunya kadang jenuh juga kalau hanya berkutat di lingkungan rumah saja. Apalagi bagi kita yang hobi jalan-jalan tentu terasa sedikit terkekang, hehe. Tapi semua ini kan demi kepentingan bersama.