Langsung ke konten utama

Kenali Diri Dengan 4E Untuk Menemukan Hobi yang Menyenangkan dan Menghasilkan

Hai, masih tetap semangat ya semua. Gak terasa udah mulai masuk pekan ketiga himbauan WFH dan SFH, ya. Semoga semua urusan teman-teman tetap lancar dan dimudahkan. 

Ehm, bagi sebagian kita mungkin tidak masalah, ya, melakukan pekerjaan dari rumah. Meski demikian tentunya kadang jenuh juga kalau hanya berkutat di lingkungan rumah saja. Apalagi bagi kita yang hobi jalan-jalan tentu terasa sedikit terkekang, hehe. Tapi semua ini kan demi kepentingan bersama. 

Eh ya, ngomongin hobi, ini juga bisa jadi satu jalan keluar bagi kita yang dilanda kejenuhan. Karena hobi adalah satu kegiatan yang bisa membuat bahagia jika dilakukan. Tentunya dalam kondisi sekarang ini kita hanya bisa melakukan hobi yang terbatas bisa dilakukan di rumah saja, ya. Hobi jalan-jalan di-skip dulu. Pasti semua punya hobi yang bisa dilakukan di rumah saja. 

Selain bikin bahagia, melakukan hobi secara serius juga bisa menambah penghasilan. Ini sudah terbukti banyak contoh nyata yang ada di sekitar kita. Berawal dari hobi nulis dan curhat bisa jadi penulis buku best seller. Hobi masak atau berkebun juga akhirnya bisa menjadi profesi karena ketekunan. 

Meski tak dipungkiri ada juga hobi yang justru menghabiskan uang, tidak malah mendatangkan uang. Ada yang mengatakan hobi yang produktif ini dengan passion. Ya, passion adalah kesenangan yang membuat lapar belajar, selalu menambah informasi dan skill serta tidak pernah bosan. 

Lalu gimana dong supaya kita tahu apa hobi yang juga passion kita? Menurut beberapa tulisan yang saya baca dan beberapa seminar yang pernah saya ikuti, dikatakan kita telah menemukan passion kita jika ada unsur 4E terpenuhi. Apa saja itu? 

ENJOY 

Teman-teman pasti punya sebuah kegiatan yang sangat menikmati ketika melakukannya. Tidak akan bosan meski melakukannya berulang dan terus menerus. 

Yuk dong jawab apa kegiatan yang bikin kalian enjoy. 😊 

EASY 

Coba tanyakan pada diri sendiri hal hal apa saja yang selain kita senang dan menikmati melakukannya tapi juga sangat mudah untuk kita lakukan. Bahkan apa yang bagi orang lain sulit tapi bagi kita mudah. 

Contohnya bercerita atau menyampaikan gagasan. Tidak semua orang bisa menyampaikan gagasannya secara mudah dan gamblang, juga berani untuk didengarkan orang lain. 

Nah di sini silakan menjawab apa yang paling mudah untuk teman-teman lakukan. 

EXCELLENT 

Sekarang cari tahu tentang kegiatan apa yang selain kita nikmati dan mudah saat melakukannya, juga hasil kegiatan kita ini bagus, lebih bagus dari orang lain malah. 

Misalnya, ketika memasak dengan resep yang sama dan cara masak yang sama, tapi hasil masakan kita lebih enak dan bagus dibanding yang lain. Nah berarti sudah memenuhi unsur excellent ini. 

EARN 

Semua kegiatan yang kita lakukan dengan enjoy, easy dan hasilnya excellent tadi jika dilakukan dengan sungguh sungguh pasti akan menghasilkan sesuatu. Earn something.

Tidak melulu uang atau materi. Tapi juga bisa menghasilkan manfaat bagi orang banyak, mendatangkan banyak teman baru, kepuasan batin dan bukan tidak mungkin akan datang banyak tawaran pekerjaan dari kegiatan hobi ini. 

@lanangdiondaru dengan hobinya dari kecil

Buat teman blogger yang sering menerima job tulisan pasti mesam mesem nih baca sampai ini. Hehee. 
Sudah ngeblog itu nikmat karena bisa mengeluarkan ganjelan, bagi teman-teman juga mudah untuk melakukannya, blog dan tulisannya bagus-bagus, juga dari blog bisa mendapatkan banyak hal termasuk pundi pundi rupiah. Selamat karena telah menemukan 4E kalian :)

Semua unsur 4E ini hanya untuk memudahkan kita mengetahui potensi diri sendiri. Tentunya untuk bisa menuju ke tahap hobi yang menghasilkan harus melalui proses hobi yang menyenangkan ditambah ketekunan dan usaha keras yang tahan banting. :))

Jadi, setelah membaca sampai akhir tulisan ini, semoga semua makin yakin dengan potensi diri yang bisa dikenali dari menekuni hobi. 
Plis bagi di komentar, ya, apa hobi kalian yang memenuhi 4E. 😘

Komentar

  1. Sejauh ini sih konten. Karena bisa dapat kerja yang sesuai passion 😆

    BalasHapus
  2. Ah..mau juga nih aku menemukan 4E-ku sendiri..hehe.. Thanks mba, jadi terpacu utk menekuni hoby dg lebih baik lagi nih..

    BalasHapus
  3. Sipp..noted bgt nih mb Din..4E kyknya aku udh menemukan nya nih n menikmati nya..mmg bukan melulu uang y mb tp kepuasan batin

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. I love youu kakaakkkk gemesss

    BalasHapus
  6. Waaah 4E ya?sejauh ini sih setuju banget sama 4E yang dijabaarkan di atas kebetulan akau juga sudah menerapkannya selama dua tahun terakhir

    BalasHapus
  7. selama ada kuota dan jaringan internet lancar sepertinya saya betah-betah saja di rumah. Cuma anak aja yang suka gak betah di rumah, maunya dikasi main keluar

    BalasHapus
  8. Seneng notret dan pernah dapat bayaran dalam bentuk produk. Motoin makanan dapat makanan hehee. .Nggak papa, enjoy sih dan terasa nikmat banget pas makan karena hasil dari kerja hehe

    BalasHapus
  9. Alhamdhulolah menemukan 4E ku di ngeblog dan traveling. Bisa menjalani hobby yg bikin hati bahagia dan menghasilkan tu sungguh sesuatu banget

    BalasHapus
  10. Tapi biasanya yang bisa earning itu ga mudah je mba. Untuk mencapainya butuh perjuangan serius dan tekun.

    BalasHapus
  11. setuju sekali, earn something. walaupun samapai sekarang blum pernah menghasilkan cuan dr blog, tp ketika tulisan dibaca orang lain dan memebrikan manfaat rasanya bahagia skli :)

    BalasHapus
  12. Sesekalo nulisnua udah earning, tapi ya masih receh mueheheh.

    Pengen belajar fotografi, tapi berat di kantong, jadinya belajar sakkenone sik ��

    BalasHapus
  13. Earning bagiku waktu merawat tanaman dan membagi-bagikannya pada teman atau kerabat yang senang berkebun juga. Kebahagian mereka itu earning bagi aku, mbak.

    Kalo ngeblog itu menjadi 'earning' ketika ada orang nge-DM, berterima kasih dengan artikel yang udah dibacanya. Ini sebuah penghargaan yang bikin saya bahagia banget meski nggak ada nilai uang yang aku terima

    BalasHapus
  14. Yup teknik 4E ini emang asyik buat bahan ngobrol2 sama Si Sulung untuk tahu dan memetakan passion dan kemampuannya

    BalasHapus
  15. Enjoy adalah kunci. Melakukan sesuatu kalau nggak enjoy pasti setengah hati dan ga bisa fokus.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Icip-icip Bakso Jimat Temanggung

Hai..., Februari masih sering turun hujan aja nih, ya? Ya iyalah, namanya juga masih tetanggaan sama Januari yang hujannya sehari-hari :)
Hujan-hujan enaknya ngapain? makaann!!! (eh, siapa yang teriak paling kenceng tuh?) oh, ternyata suaraku dewe :)) Jadi gitu, deh, kalau lagi ngumpul dan suasana dingin dingin mesrah pasti lebih komplet kalau sambil makan bareng. Ngobrol jadi lebih seru. Apalagi kalau santapan itu cocok sama lidah anak-anak, mereka jadi lebih seru juga ceritanya. 
Kata bapak guruku dulu, kalau kita akan menyampaikan sebuah nasehat ke anak kita, salah satu waktu yang efektif adalah saat mereka merasa kenyang dan santai. Coba anak diajak jajan bakso (kalau dia suka bakso, ya), nah saat dia merasa keenakan dengan baksonya itu kita masukkan pesan yang ingin kita sampaikan. Secara lahir dia mungkin tidak begitu serius menanggapi, tapi otaknya insyaallah menyimpan pesan itu. 
Dan berhubung diriku adalah anggota IIDB (ibu ibu doyan bakso) *lalu digetok teh Indari Mastuti, maka k…

ABATA, Pesantren Tuna Rungu Gratis di Temanggung

Di antara riuh deras hujan yang mengguyur Temanggung menjelang petang, ada sebuah dunia sunyi di salah satu sudut kotanya. Dunia tanpa suara yang tersembunyi dalam sebuah rumah kontrakan sederhana. Meski sunyi, namun tak membuat hati anak anak itu lantas sepi. Lantunan zikir terlahir dari mulut mulut mungil. Meski dalam pengucapan yang kurang jelas, tapi mereka tak pernah lelah.

Menjadi Penari Topeng Ireng, Sebuah Pengalaman Seru

Menjadi penari topeng ireng adalah hal yang tidak pernah terpikirkan apalagi direncanakan sebelumnya.  Tapi ini terjadi pada saya. :)
Teman-teman mungkin ada yang belum tahu apa itu Topeng Ireng. Apakah menari dengan memakai topeng yang berwarna hitam? (ireng berarti hitam dalam bahasa Jawa) Saya dulu pernah menyangka demikian. Tapi ternyata salah besar.