Sarapan, Penting Gak Sih?

Mei 21, 2016

Sudah sarapan pagi ini?
Banyak dari kita yang melewatkan makan pagi dengan berbagai alasan. Ada yang ingin mengurangi berat badan sampai yang melewatkan sarapan karena tidak sempat gegara terburu kerja. Namun justru saat itu kita sedang melewatkan sebuah kesempatan emas.

Sarapan hendaknya jadi kegiatan rutin tiap pagi. Mengapa?Karena saat tidur malam, tubuh kita telah berpuasa 7-8 jam. Selama itu tubuh secara alami menurunkan aktivitas metabolismenya dan menggunakan energi dan nutrisi yang ada di dalam tubuh.

Itulah sebabnya sarapan menjadi sangat penting, karena dapat memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, meningkatkan stamina otak, membantu metabolisme tubuh bekerja maksimal sehingga kalori mudah terbakar dan menurunkan resiko diabetes.
orang yang melewatkan makan pagi cenderung memilih makan siang yang menggugah selera, which is lebay kalori dan lemak
Akan tetapi, kunci sarapan sehat terletak pada apa yang disantap, bukan asal kenyang.
Idealnya sarapan mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh, yaitu makronutrisi (karbohidrat, protein, lemak) dan mikronutrisi (mineral dan vitamin). Kesemuanya mempunyai fungsi masing-masing yaitu sebagai sumber tenaga, pembentukan hormon, meningkatkan fungsi tubuh, antioksidan dan meregenerasi sel yang rusak.

Namun itu saja belumlah lengkap. Hendaknya makanan kita juga mengandung phytonutrisi, yaitu nutrisi  yang hanya terdapat pada tumbuhan segar. Phytonutrisi berfungsi sebagai pencegahan semua penyakit kronis termasuk kanker, dan juga bisa membantu proses detoksifikasi.

Untuk mendapatkan kandungan phytonutrisi yang maksimal, bisa didapat dengan makan sayuran mentah atau bahasa kerennya raw food. Orang Jawa atau Sunda menyebutnya lalapan.
Namun alih alih mendapatkan phytonutrisi tinggi, malah bisa-bisa kita dapat masalah baru karena ternyata sayuran yang dikonsumsi tercemar pestisida atau kandungan berbahaya lainnya. 

Nah, menjawab kebingungan ini, Melilea sebagai pelopor makanan organik hadir memberi solusi. Konsep Natural Organic Whole Food diusung dengan maksud makanan yang dikonsumsi sama seperti saat makanan tersebut berada di alam.

Melilea sebagai penyedia bahan pangan organik bintang lima, menyediakan sarapan yang sehat dan tentunya praktis. Ada tiga produk kece kaya manfaat. Ketiganya adalah:
  1. Greenfield Organic Melilea; mengandung lebih dari 20 jenis tumbuhan, biji-bijian, sayuran serta rempah dari pertanian organik.

    Hasil gambar untuk melilea
  2. Apple Orchard Melilea; terdiri dari campuran buah-buahan konsentrat yang 100% organik, tanpa tambahan pemanis buatan dan pengawet.


  3. Soya Melilea; merupakan minuman serbuk kedelai organik.
    Hasil gambar untuk melilea
Cara mengonsumsinya cukup mudah. Tinggal tuang air dingin 300ml ke dalam shaker, masukkan 3 sendok takar Apple Orchard dan 2 sendok takar Soya Melilea, tutup sebentar lalu kocok sampai merata. kemudian tambahkan 1 sendok takar Greenfield Organic, tutup dan kocok lagi beberapa saat. Segera minum sampai habis. Tunggu sekitar 30 menit baru boleh minum air putih. Ini dimaksudkan agar minuman Melilea telah cukup menempel di dinding usus kita.
Dengan rutin mengonsumsi Melilea, maka jangan kaget kalau akan ada banyak perubahan positif di tubuh kita. Itu karena Melilea membantu sistem Naturopathy, dimana tubuh bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Ada 4 langkah naturopathy, yaitu
  1. Usus dibersihkan dari segala racun  yang menempel
  2. Liver dibersihkan sehingga fungsi liver pun normal dan meningkat
  3. Metabolisme diperbaiki, dan
  4. Regenerasi sel.
Nah, melihat begitu banyak manfaat sarapan, apa iya masih mau melewatkan begitu saja? Yuk sarapan sehat, karena sarapan itu penting!


Tulisan ini diikutsertakan pada Lomba Blog Sarapan Sehat dengan Melilea Organik.






You Might Also Like

22 komentar

  1. Very good mb Dini...
    Bermanfaat

    BalasHapus
  2. Very good mb Dini...
    Bermanfaat

    BalasHapus
  3. Ada juga orang tanpa kebiasaan sarapan. Kembali ke perut masing-masing ya, Mbak. Runut bingit tulisannya Mbak, suka deh, makin keren :)

    BalasHapus
  4. Bagus, Mbak Dini. Info dan ilmunya oke.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami2 mba wid.. yuk coba melilea :)

      Hapus
  5. Kalo menurut ku sarapan yo penting mbak.. Biar ga lemes aktifitas sampe siang

    BalasHapus
  6. Sangat bermanfaat dan bermartabat din...lanjutkan.👍

    BalasHapus
  7. Sangat bermanfaat dan bermartabat din...lanjutkan.👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap lanjutkan.. :) makasih sdh mampir

      Hapus
  8. aku salah satu yang makan asal kenyang mbak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo berubaaah,, eh, diubah kebiasaan asal kenyangnya :)

      Hapus
  9. Ternyata sarapan pagi itu sangat penting sekali ya mbak, tapi alhamdulillah saya belum pernah melewatkan sarapan pagi soalnya sudah kebiasaan keluarga saya untuk tidak melewatkan sarapan pagi sebelum beraktivitas.

    BalasHapus
  10. Saya malah penasaran Mbak sama bentuk berak yang kayak jel itu. Pperlu membuktikan sendiri nih ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayuk dicoba.. itu toksin jg kan. Ih, kek gitu kok ngendon di usus kita yaa

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Untuk sarapan aku sekarang nggak bisa makan nasi. Harus yang ringan, yang berserat seperti buah dan sayur, mbak :)

    BalasHapus
  13. sedang menggalakkan sarapan buah nih mba aku mba, biar pup nya mengambang seperti kata pak wied harry wkwkwkwk jorook maap :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sarbu bikin perut nyaman jg mak, kl aku sih trus ngerasa badan jd ringan kl sarbu *lebay

      Hapus
  14. sarapan penting mbak, karena semalaman perut kosong hehe
    salam kenal

    BalasHapus